Tv Samsung Mati Standby

TELEVISI SAMSUNG CS-29Z50MN GAGAL START
Diagnosa
Televisi Samsung sc-29z50mn jika saya hidupkan hanya terlihat lampu indikator saja yang menyala,,, tampilan gambar maupun suara tidak keluar.

Model Televisi Samsung :
model tv samsung

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki .

Kasus kerusakan baru yang sebelumnya belum pernah saya temui dan saya coba cari solusinya, awal saya lakukan pengukuran di area horizontal. saya urutkan alur  sistem control horizontal yang akhirnya terhubung ke transistor , saya dapatkan hasil negatif ( IC CRHOMA ( H-out >>> Capasitor >>> Transistor ) semua komponen masih bagus. Selanjutnya saya periksa sistem feedback untuk control horizontal ( Colector FBT >>Capasitor>>> IC CRHOMA) dari FBT ada capasitor yang terhubung ke IC CRHOMA simbol (H Sync ) , saat televisi saya hidupkan hasil pengukuran dengan multitester ? pin H-Sync tidak ada tegangan inputnya ( supply dari FBT sinyal tegangan AC ) .
Saya lepaskan soket yoke dari rangkaian dan saya masukan aliran listrik, hasilnya setelah listrik terpasang televisi bisa hidup tapi flyback ( FBT ) mengeluarkan suara noise. Transistor horizontal menjadi rusak karena pengetesan yang saya lakukan dengan temperatur alumunium pendingin sangat panas. Kerusakan ada di flyback ( FBT ) type FUH29A001V  Saat kita mau beli type ini lagi tidak ada dan yang ada type persamaan FQH29A003.
Flyback televisi samsung :



Flyback pengganti :



Setelah saya lepaskan FBT lama dan kita pasangkan FBT baru , dan satu lagi pemasangan Transistor Horizontal baru dengan type 2SC4288A sebagai pengganti J6801. Alhamdulillah televisi SAMSUNG CS-29Z50MN sudah kembali normal.

Tampilan gambar ternyata kurang lebar, bagian horizontalnya, untuk melebarkannya saya masuk ke servis menu caranya :

Kondisi televisi standby , gunakan remote lalu tekan : [ display ] lalu [menu ] lalu [ mute ] lalu [ power on ]
Setelah masuk servis menu scrol menu lalu pilih option H-WIDTH , naikan value setting
Semoga bisa bermanfaat



sumber:
www.hamimservis.com




Baca juga:


Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL