Tv Sanyo Mati Total

TV SANYO CG29SZ2 MATI-TOTAL

Diagnosa

Tv Sanyo cg29sz2 kondisi saat saya coba tidak bisa hidup , informasi user sebelumnya hanya standby dan saat dibawah ke servis dikembalikan dalam kondisi demikian.

Modelnya :

sanyo-cg29sz2

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki

Tahapan awal seperti biasa, buka dahulu casing penutup bagian belakang dan langsung lakukan pengukuran dibeberapa titik utama. Kaki capasitor filter tegangan jala-jala 310 volt dibagian primer terukur ada dan dibagian sekunder terukur tegangan B+ hanya 30 volt. Ini pertanda adanya komponen yang rusak seharusnya tegangan B+ 125 volt standarnya , saya periksa transistor horizontal type 2SD2499 yang menjadi penyebab drop tegangan B+ .
Saat ini tegangan B+ sudah normal setelah saya gantikan transistor tersebut.
Kondisi tidak serta merta langsung kembali normal setelah transistor horizontal saya gantikan . Ternyata masih ada kerusakan lain yaitu sistem supply micom terlihat belum bekerja, ini terlihat dengan kasat mata dengan tanda lampu indikator yang tidak menyala. Saya ukur tegangan di area micom 0 volt yang seharusnya 5 volt , periksa sedikit demi sedikit dengan mengurut alur di papan PCB ( hanya jalur tegangan 5 volt ) akhirnya tertuju kebagian ic memory. Saya putuskan jalur supply utama tegangan 5 volt dari regulator yang terhubung ke beberapa titik rangkaian dan memang benar terjadi konsleting karena timah solder menyatu ( kaki capasitor smd ). Saya angkat timah soldernya dan sekarang kondisinya tegangan supply sudah benar yaitu 5 volt dan telah menyupply dengan baik ke ic micom dan ic memory.

75 persen sudah terselesaikan masih 25 persen lagi yang belum, kondisi sekarang persis seperti sebelumnya yaitu tv hanya bisa standby. Untuk melanjutkan perbaikan saya coba dalam kondisi arus listrik masuk ke rangkaian , ukur tegangan supply ke arah trafo untuk sistem triger horizontal, disini hanya terukur 12 volt. Sedikit saya mundurkan pembacaan jalur yang ada di papan PCB yang akhirnya melewati area vertikal, nah semakin terang jadinya. Sistem tegangan supply untuk ic vertikal adalah 24 volt dan benar adanya tegangan on-off setelah melewati sistem switch via transistor berasal dari tegangan ini.

mainboard-sanyo-cg29sz2

Penyebab drop tegangan 24 volt menjadi 12 volt ternyata hanya capasitor 470uf/35 volt, segera saya gantikan dengan nilai 1000uf/35 volt. Hasil setelah penggantian capasitor 1000uf/35 volt , Alhamdulillah tv sanyo sudah bisa hidup cuma masih ada masalah lain lagi. Tampilan gambar terlihat naik bagian bawah dan bagian atasnya malah ketinggian. Permasalahan ini ada diarea output vertikal, dan penyebabnya capasitor 10uf/50volt yang telah berubah nilai. Segera saya gantikan capasitor tersebut dan tampilan gambar sudah kembali normal, selesai sudah perbaikan yang saya lakukan



sumber:
www.hamimservis.com




Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL