Kerusakan Tv China Marquis

SERVICE TV CINA MARQUIS MODIFIKASI FBT
Kerusakan:
Tv ini menggunakan ic program dan chroma type LA seperti kebanyakan mesin cina. Kerusakannya yaitu konslet regulator sehingga bila tv dihidupkan, mcb rumah langsung jegleg.


Perbaikan:
Setelah dicek dijalur ac in, terdapat trafo degausing short. Langsung saja cabut kabel degausing tabung, periksa komponen regulator in dan out nya seperti baik2 saja, dan coba hidupkan tv ternyata langsung nyala.

Selang beberapa saat terdengar seperti suara retakan, dan tv langsung mati. Dicek lagi, ternyata fbt retak dan terlihat pecah, elco bipolar abl soak dan short kaki2nya dan ada R 1/4watt jalur abl juga gosong. Lihat skema tv cina di hp, didapat nilainya 3,3k.



Setelah ganti komponen elco dan R, giliran fbt yg ternyata hilang no serinya. Fbt ini urutan pinnya adalah: COL_B+115V_NC_AFC_GND_H_ABL_180V.
Giliran browsing cari persamaannya dan ada 3 tipe yg sejenis yaitu:
21" BSC25 - 05N2135H
21" BSC25 - N0379
21" BSC25 - 3604V
Dari ketiga fbt tsb di Malang barangnya kosong, terpaksa fbt dimodif dg tipe lain, dan pilihan jatuh pada seri 154-189H dg susunan pin:
c _ b+ _ 180v _ 16v _ 24v _ ht _ gnd _ abl _ afc _ nc .
Saya pilih fbt ini karena posisi pinnya sama dg lobang di pcb mesin tv, namun harus menata ulang jalur pin di pcb spt gbr brk:



jangan lupa ground dari screen dan fokus fbt disambung dg ground mesin.



sumber:
kristuren.mywapblog.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL